Mengajar Bayi Anda Matematika

Mengajarkan Matematika pada Anak Balita

dengan Dot Cards (Metode Glenn Doman)

Bahan yang digunakan :

Pertama,

Seratus  potong kertas manila putih berukuran

 28 x 28 cm, masing-masing pada salah satu mukanya

ada DOTS atau bola merah dengan garis tengah 2 cm. 

Bola-bola ini berjumlah dari SATU hingga SERATUS pada

kartu terakhir. Dibalik kartu terdapat angka yang

menyatakan jumlah bola yang ada.

Dots/bola digambarkan secara acak di atas kertas tsb.

 Kedua,

Seratus potong kartu yang lebih ringan 14 x 14 cm

 bertuliskan sebuah angka merah setinggi 12,5 cm mulai

dari angka 1 hingga 100 pada kartu terakhir.

Warna merah dipakai karena memang menarik bagi seorang anak. 

========================================  Cara mengajarkan :

Ambillah kartu yang ada SATU bola merahnya  saja,

Sekarang angkatlah kartu tersebut di luar jangkauan tangannya

dan katakan  kepadanya,  "INI SATU".

 (Jangan sampai si anak melihat benda-benda lain. )

Tunjukkan kepadanya sesingkat mungkin. Dua atau tiga detik.

 Kemudian letakkan kartu tersebut terbalik di pangkuan kita.

Pada  mulanya  anda  akan  merasa janggal. Namun demikian,

semakin  kita  mahir  menggunakan kartu-kartu itu, semakin

cepat anak kita dapat memahaminya. 

Perlu diingat  bahwa  angka  hanyalah simbol yang mewakili nilai

dari  bilangan.  

Sekarang  angkatlah   kartu  kedua, dan katakan, "INI DUA".  

Lakukan  seterusnya  hingga kartu berjumlah SEPULUH BOLA.

Seluruh  proses ini kurang lebih memakan waktu kurang dari satu

menit.

Lakukanlah  setiap  hari. Dalam waktu lima hari ia telah mengetahui

fakta-fakta nyata dari angka satu sampai sepuluh,

tetapi jangan meyuruhnya untuk membuktikan hal itu

lebih dahulu. 

Pada hari  keenam,

kita singkirkan kartu 1 dari kesepuluh kartu

di  pangkuan  dan  menambahkan kartu 11.  

Pada hari ketujuh,

kita  singkirkan  kartu  2 dan menambahkan kartu 12. 

Terus lakukan  seperti itu hingga angka 100. Kegiatan ini kurang

lebih akan memakan waktu tiga bulan. 

Yakinlah, kegiatan ini akan  menghasilkan  kemampuan anak

yang luarbiasa. Kini ia akan  dengan  cepat dapat membedakan

empat puluh lima bola dan empat puluh enam.    Langkah berikutnya PENJUMLAHAN. 

Pada hari ke-30, anda telah  memperlihatkan  hingga 35 bola.

Semakin banyak yang diperlihatkan  bola-bola  kepada  anak

berarti anda mulai mengajarkan  penjumlahan.  

Mulai  kita  melangkah mengajarkan penjumlahan  dengan

meletakkan bola-bola  merah berjumlah  dua,  tiga,  empat,

lima, enam, tujuh, delapan, sembilan,  hingga sepuluh

 di  pangkuan anda.

Semuanya menghadap ke bawah dan kartu berbola dua

diletakkan paling atas di tumpukan itu. 

Dengan  semangat  katakanlah,  "satu tambah satu sama

dengan  dua". Kemudian kita perlihatkan kartu berbola dua.

Perlihatkan tidak lebih dari satu detik. Jangan menjelaskan

arti kata-kata "tambah" atau "samadengan". Katakanlah "Satu

tambah  dua  samadengan ." Jangan katakan "satu tambah dua

menjadi...." 

Jika  kita  mengajarkan  fakta-fakta  kepada

anak-anak,   mereka   akan   menarik  kesimpulan  tentang

hukum-huikumnya  lebih  tepat  dan cepat. Kemudian katakan

"Satu  tambah  dua  sama  dengan tiga" hingga "satu tambah

sembilan   sama   dengan   sepuluh"  yang  kemudian  kita

perlihatkan hasilnya. 

Lakukanlah  tiga  kali pada hari pertama, sambil kita

 meneruskan   untuk   memperlihatkan  kartu-kartu  berbola

sebanyak  tiga kali sehari. Sebaiknya anda mengatur keenam

waktu secara merata saat daya tangkap anak sedang memuncak. 

Pada  hari  ke-31  anda  mengajarkan  dua tambah dua,

tambah tiga, dan seterusnya hingga tambah delapan. Apa yang

kita  ajarkan  adalah  arti  dari bunyi kata "tambah" dan

"samadengan".  Percaya atau tidak, pada saat kita bertanya

"dua  tambah  empat samadengan enam" kepada seorang dewasa

maka  akan  terlintas  2 + 4 = 6. Tetapi pada seorang anak

akan terlintas dua bola tambah empat  bola samadengan enam

bola. 

Sampai  hari  ke-31  ia  sudah  mengenal  jumlah yang

sbeenarnya sampai dengan 40 dan telah dapat  menambah dalam

setiap kombinasi yang ada sampai dengan 10. Tahap ini yang

terpenting  adalah,  bahwa  ia telah mengerti "tambah" dan

"samadengan" walaupun kita tidak membertiahunya. 

Mulai hari ke-36  dst  kita  tidak  perlu  mengajarkan  dengan

urutan tertentu  lagi.  Ia sudah memahami. Berikanlah ia sekarang

soal penjumlahan maka dengan cepat ia akan bisa menjawab. 

Langkah berikutnya PENGURANGAN. 

Pola ini sama dengan pola penjumlahan.

Katakan  "sepuluh  kurang  satu  samadengan

sembilan"  Dan perlihatkan sejenak kartu berbola sembilan.

Kemudian katakan "sepuluh kurang sembilan samadengan satu".

Pada hari ke-41 anda dapat  mengajarkan mulai dari duapuluh

kurang  satu sampai dengan duapuluh kurang sembilan belas.

Maka  ia  sekarang  sedang menerima sembilan waktu belajar

 yang  sangat  ringkas  setiap  harinya  dengan urut-urutan

 sebagai   berikut:   Kartu-kartu  bilangan,  penjumlahan,

pengurangan,  kartu  bilangan,  penjumlahan,  pengurangan,

kartu bilangan, penjumlahan, pengurangan. 

Di  hari  ke-42 mulailah dengan tigapuluh kurang satu

hingga tigapuluh kurang duapuluh sembilan. Pada hari ke-43

 mulailah  dengan  soal-soal  pengurangan  dalam bentuk dan

urutan yang tidak teratur sampai jumlah empatpuluh delapan.  

Langkah  berikutnya MEMECAHKAN SOAL. 

Apabila apa yng kita sampikan sungguh-sungguh dan penuh

kasih sayang, Insya Allah akan menghasilkan buah yang

"harum" baunya dan nikmat rasanya. 

Kini kita siap mengajarkan memecahkan soal, ingat

bukan   mengujinya.  Mulailah  dengan  bilangan-bilangan.

Berlututlah di lantai menghadap anak. Ambillah kartu dengan

18  bola  dan  25  bola.  Kemudian  mintalah si anak untuk

menunjuk  pada 25. Permintaan ini diajukan sambil lalu dan

riang.  Jangan  suruh dia mengucapkan duapuluh lima, sebab

kita  tidak  sedang  mengajar  berbicara,  tetapi  sedang

mengajarkan matematika. Jika ia tidak cukup cepat, katakan

dengan gembira, "Yang ini, bukan?" sambil mengangkat kartu

25  bola.  Inilah  cara  mengajar  yang jujur. 

Ulangi lagi hingga  anak dapat menunjukkan dengan benar.

Jika ia dapat mengetahuinya,  pujilah  dan  peluklah.

Bahwa  ia  adalah seorang anak yang terpandai yang pernah

kita kenal. Hal ini memang betul bukan ? 

Begitu kita meluapkan kegembiraan dia akan secepatnya

menaruh  minat pada matematika untuk selamanya. Ia menjadi

yakin   bahwa   matematika  lebih  menyenangkan  daripada

"gula-gula". Terus lakukan seperti itu, maka anak kita akan

lebih   cepat   menunjukkannya.   Lakukan   setelah   itu

pengurangan. 

Sebagai  catatan jangan memberikan waktu khusus untuk

memecahkan    soal-soal,   tetapi   campuradukkan   atau

sewaktu-waktu saja. Hingga anak kita merasakan kesenangan.

Toh tidak ada tekanan yang kita berikan kepada anak kita. 

 

Langkah  berikutnya PERKALIAN  

 Katakan  kepadanya  kita mengajarkan perkalian.

 Lakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

Mulailah dengan mengatakan "dua kali dua samadengan empat"

sambil memperlihatkan kartu berbola empat. Teruskan sampai

"dua  kali lima samadengan sepuluh". 

Pada hari ke-51, mulai dengan "tiga kali tiga samadengan

sembilan". Akhirnya "tiga kali delapanbelas samadengan

limapuluh empat". 

Sampai hari ke  58  kita  sampai  pada  "sepuluh  kali enam

samadengan enampuluh".  Pada  waktu  mengajarkan  perkalian

kita bisa menyelipkan satu persoalan perkalian. 

Langkah  berikutnya PEMBAGIAN  

Pada  hari  ke-60  kita mengajarkan   pembagian.

Sampai  langkah  ini  ia  telah mengetahui nilai sebenarnya

hingga enampuluh lima. Mulailah dengan mengatakan

"empat dibagi dua samadengan dua" hingga

enampuluh  empat dibagi dua samadengan tigapuluhdua". 

Pada hari  ke-68  kita  sampai  pada "tujuhpuluh dibagi sepuluh

samadengan tujuh". 

Sewaktu-waktu kita selingi dengan soal pembagian. 

Langkah  berikutnya PERSAMAAN  

Pada  hari ke-70 kita sudah  menjadi  seorang  ahli  matematika.

Katakanlah kita sedang   mengajarkan   persamaan  dengan

riang  gembira.

Sebetulnya ia sudah mengetahui semua persamaan dua langkah.

Sebab,  memang dua tambah tiga samadengan lima, tujuhpuluh

dikurangi  tigapuluhsatu  samadengan  tigapuluh  sembilan,

delapan  kali delapan samadengan enampuluh empat. Sekarang

berikanlah  soal persamaan tiga langkah. Katakanlah "tujuh

tambah   tigabelas   kali  tiga  samadengan  ."  Kemudian

perlihatkanlah  kartu  berbola  enampuluh. 

Setelah  kita mengajarkan tiga langkah persamaan maka

lanjutkanlah dengan langkah-langkah  yang lain. 

Yakinlah apa yang kita ajarkan akan menghasilkan hasil yang

memuaskan. 

Langkah  selanjutnya  ANGKA-ANGKA.  

Langkah  ini  amat mudah. Sekarang kita mengambil kartu-kartu

yang bertuliskan angka (kartu dg ukuran 14 x 14 cm).

Angkatlah kartu yang bertuliskan 1 berwarna merah, dan

katakan "ini satu".  

Lakukan seterusnya hingga hari ke-99 ia akan mengetahui semuanya. 

Selamat Mencoba !

(sumber : Drajat, penulis buku "Bersahabat dengan Matematika")

*******************************************************

Artikel ini adalah pendukung ebook "3 Tahun Pertama

yg Menentukan", yg menyediakan informasi cara mengasuh

anak balita anda menjadi anak yg CERDAS secara FISIK,

MENTAL dan SOSIAL.

Informasi lebih lanjut ttg ebook diatas dapat diperoleh

di: www.balitacerdas.com

atau dg mengirimkan email kosong ke:

babybrain@getresponse.com

*******************************************************

 

 

Posted in Uncategorized. Tags: . 3 Comments »

3 Responses to “Mengajar Bayi Anda Matematika”

  1. Imah Says:

    I LIKE It……..pasti kuajarkan ke anak2 kr mulai usia brp ya? soale yang besar msh 17bulan kdg dia blm fokus pd 1 obyek tertentu n masih suka maen sesukanya sendiri…………

  2. Imah Says:

    good bgs bgt

  3. Bunda Vano Says:

    Permisi…maaf,numpang share ya,buat bunda2 yg pngen bisnis tanpa modal gd n tanpa meninggalkan si kecil drmh.klik dsini :

    http://www.Dini-Shanti.com/?id=henysluckymom


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: